Vlogger, Kegiatan yang Menjadi Sumber Pendapatan Utama Bagi Sebagian Orang


Kegiatan yang disebut dengan vlogging (video blogging) tersebut juga di gagasan dari tren dunia internet sebelumnya yaitu blog. Banyak orang yang menjadi cukup famous dan kaya dengan blog, sama halnya dengan vlog. Kegiatan ini bahkan banyak ditekuni menjadi sebuah profesi dan sumber pendapatan utama bagi sebagian orang. Banyak sekali kegiatan yang bisa dijadikan konten vlog  seperti memasak, review produk bahkan jika Anda juga seorang pendaki pemula, hal tersebut dapat dijadikan sebuah konten.

Mulai tahun 2013, Youtube dapat memberikan penghasilan kepada para pengunggah video yang jumlahnya penontonnya banyak melalui adsense. Sejak hal tersebut, mulai bermunculah banyak orang yang mengunggah bermacam jenis video yang berbeda – beda ke dalam platform Youtube hanya sekedar hobi ataupun mencari pemasukan. Untuk itu jangan kaget bila ada seorang vlogger yang sudah mendapatkan penghasilan hingga miliaran rupiah walau hanya dari video Youtubenya.

Terus, bagaimana cara membuat vlog yang menarik untuk pemula? Berikut ini tips untuk pemula mengenai pembuatan vlog:

1. Merencanakan Ide

Hal pertama yang harus dilakukan pemula adalah merencanakan ide konten video tersebut. Catatlah ide-ide yang muncul dalam pikiran, lalu lakukan breakdown mengenai ide yang paling kreatif, menarik dan unik. Pokoknya buatlah sekreatif mungkin sehingga akan lebih mudah diingat oleh para penonton.

2. Menyiapkan Peralatan vlog

Tahapan selanjutnya adalah menyiapkan peralatan untuk memulai vlog. Mungkin banyak orang berpikir bahwa membuat sebuah vlog membutuhkan banyak sekali peralatan, namun tidak pada kenyataannya. Sekarangan ini yang sudah serba bergaya intelektual, Anda sudah bisa membuat vlog hanya dengan modal smartphone saja. Pilihlah kamera dari smartphone tersebut diupayakan yang berkualitas baik. Supaya kualitas video semakin bagus, alangkah baiknya bila tambahkan beberapa alat seperti tripod, stabilizer, dan satu buah ponsel lain untuk menjadi perekam suara atau mic.

3. Tahapan dalam Pengambilan Gambar, Editing, dan Unggah Video

Dalam melakukan pengambilan gambar, perhatikan pencahayaan yang baik, sudut pengambilan gambar, dan cinematografi dasar lainnya. Perhatikan hal-hal terpenting tersebut akan membuat video Anda terlihat lebih elegan dan menarik.

Saat editing, Anda dapat menggunakan berbagai software yang mudah digunakan seperti Camtasia untuk sistem operasi Windows dan Screenflow untuk sistem operasi Mac ketika ingin merekam. Supaya lebih baik hasilnya dalam proses editing, maka dapat menggunakan berbagai aplikasi tambahan, salah satu contohnya adalah Adobe After Effect yang dapat digunakan untuk editing greenscreen dan sebagainya.

Dan lakukan pertimbangan apa saja yang baik antara isi konten, kreativitas menggunakan efek hingga durasi video. Kemudian setelah selesai edit video, unggah ke akun Channel Youtube  dengan menetapkan judul, deskripsi video, dan gambar video (thumbnail) yang unik sekreatif mungkin. Cobalah kasih pemberian tanda pagar tertentu juga akan sangat membantu para calon penonton menemukan video Anda.

4. Promosikan Video

Sebagai permulaan, pasti akan kesulitan dalam mendapatkan penonton banyak untuk video Anda. Karena itu alangka baiknya meminta bantuan dan mempromosikan video Anda melalui media sosial mulai dari Facebook, Twitter, dan Instagram ataupun secara pribadi kepada orang – orang terdekat Anda. Dengan begitu, video tersebut akan dapat tersebar dengan cukup luas.

5. Tetapkan Tujuan Membuat Vlog

Tujuan merupakan salah satu hal terpenting yang musti ditentukan sejak awal ketika ingin menjadi vlogger. Apakah hanya sekedar hobi, atau ingin mendapatkan penghasilan dari vlog tersebut. Hal Demikian tentunya akan mempengaruhi kinerja dalam membuat vlog. Contohnya saja, jika hanya sekedar hobi saja, maka Anda dapat mengunggah video kapan saja dan tema video pun dapat berbedah- bedah sesuai keinginan. Namun tidak sama halnya jika Anda bertujuan untuk mendapatkan penghasilan, maka Anda harus melakukannya dengan konsep yang jelas. mulai dari pemilihan konten, editing, hingga penjadwalan tayang video di Youtube channel.

Platform Youtube ini memiliki sistem algoritma untuk mempromosikan video yang diunggah secara konsisten dalam tenggang waktu tertentu. Bila benar – benar memiliki niat , ketekunan yang tinggi, maka Anda dapat merekam dan mengedit beberapa stok video terlebih dahulu kemudian menguploadnya sesuai dengan penjadwalan anda. Dengan algoritma dari Youtube itu akan membuat video Anda lebih mudah ditemukan oleh orang lain.

Kuncinya adalah Kreativitas, Ketekunan, dan Kerja Keras

Menjadi seorang vlogger yang dikenal banyak oleh orang dan video ditonton oleh ribuan hingga jutaan pasang mata orang. Untuk itu Anda membutuhkan usaha yang ekstra. Semua hal harus dimulai sedikit demi sedikit untuk akhirnya menjadi besar. Selain itu, kreativitas akan berperan penting untuk hal ini. Anda harus kreatif dalam menentukan persona, tema video, dan harus update terhadap lingkungan dalam melihat tren para pengguna Youtube pada saat ini (tren yang sedang booming). Lakukan dengan serius dan tekun untuk menjadi seorang vlogger sukses.

Anda juga bisa menggunakan alat komunikasi yang terkece sepanjang sejarah dan multifungsi dalam penggunaannya yaitu TalkAbout T62 produk dari Motorola Solutions yang dilengkapi fitur-fitur utama seperti layar LCD, 8 saluran dan jarak jangkauan hingga 8 km, tetap terhubung selama aktifitas atau pertualangan outdoor seperti di rumah, di perkemahan even, di taman hiburan, asiknya lagi ini tidak membutuhkan pulsa untuk melakukan komunikasi dengan teman-teman yang lain.